Berburu Takjil, Berburu Keamanan Pangan

Berburu Takjil, Berburu Keamanan Pangan

PURWOKERTO SELATAN - Ngabuburit dan Berburu Takjil rasanya menjadi dua hal yang tak terpisahkan kala sore menjelang berbuka puasa. Berbagai variasi dan jenis makanan takjil yang dijual di bulan Ramadhan mengundang tingginya antuasiasme masyarakat untuk beramai-ramai membeli jajanan berbuka puasa.

Menindaklanjuti surat Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Nomor B/1381/400.7.30/III/2024 tentang Pembinaan dan Pengawasan Keamanan Pangan Takjil bulan Ramadhan 1445H tahun 2024, Puskesmas Purwokerto Selatan berkerjasama dengan lintas sektoral melaksanakan peninjauan, pembinaan dan pengawasan pangan Kamis (28/4) di depan area Makam Pahlawan Tanjung.

Pasar Takjil Taman Makam Pahlawan Tanjung berisi sekitar 50 pedagang takjil dengan berbagai menu yang tersedia seperti Kerang Hijau, Takoyaki, Aneka Es, Makanan siap saji, Kraca, Buntil, Aneka Gorengan, Kolak, Pentol, Siomay, Pukis dan masih banyak lagi. Dari hasil kunjungan pengamatan dan pembinaan dalam rangka pengawasan makanan takjil, diperoleh hasil Identifikasi Kesehatan Lingkungan sebagai berikut:

1. Tempat Penjualan

    Lokasi penjualan takjil bebas banjir, bebas dari sumber vektor dan binatang pengganggu, namun tidak bebas dari pencemaran asap karena dekat dengan jalan raya. Penjual dihimbau agar melindungi makanan yang belum terjual dari asap kendaraan seperti menutupi dengan plastik, dimasukkan ke dalam wadah, dan menggunakan penjepit makanan saat melayani pembeli

2. Kondisi Hyigienis Pangan Takjil

  • Penjual tidak menjual pangan takjil yang sudah lebih dari 4 jam dari proses pengolahan
  • Bahan pangan takjil dalam kemasan tidak ditemukan ada kadaluwarsa
  • Hasil wawancara dengan pedagang menunjukkan pangan takjil tidak menggunakan bahan makanan yang tidak direkomendasikan seperti pemanis, pengawet dan bahas makanan berbahaya lainnya.
  • Pengemasan makanan dikemas dalam wadah tertutup dan tara pangan / food grade
  • Penjual menyediakan tampat sampah masing-masing menggunakan kresek

Beragamnya menu makanan takjil memang menarik perhatian masyarakat. Tingginya antusiasme berburu takjil di kalangan masyarakat tampak memicu tingginya minat pedagang makanan untuk membuat aneka variasi jajanan berbuka puasa. Namun, alangkah baiknya berburu takjil tetap mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Kebersihan lokasi penjualan takjil
  2. Kebersihan penjual takjil
  3. Kebersihan makanan / takjil
  4. Memperhatikan bahan pangan yang digunakan
  5. Memperhatikan suhu pangan
  6. Memperhatikan kemasan pangan

Ngabuburit dan Berburu Takjil, Yuk Pilih Takjil Aman! (fbn/sc)

  

dok. (sc)

 

Related Posts

Komentar