BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah)

BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah)

PURWOKERTO SELATAN - Imunisasi adalah upaya pencegahan penyakit menular dengan memberikan "vaksin" sehingga terjadi imunitas (kekebalan) terhadap suatu penyakit. Manfaat imunisasi bagi bayi dan anak jauh lebih besar daripada risiko efek sampingnya, antara lain:

  1. Melindungi tubuh bayi / anak dari serangan dan ancaman bakteri / virus penyakit
  2. Mencegah anak dari tertular penyakit yang disebabkan oleh bakteri / virus
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu
  4. Meningkatkan status kesehatan bayi / anak yang berdampak pada kualitas tumbuh kembang bayi / anak

BIAS (Bulan Imunisasi Anak Nasional) merupakan Program Pemerintah sesuai dengan yang tertulis di dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2022, Nomor HK.01.08/MENKES/1325/2022, Nomor 835 Tahun 2022 dan Nomor 119-5091.A Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Peningkatan Status Kesehatan Peserta Didik yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia sekolah dasar tingkat SD / MI Sederajat. BIAS merupakan Imunisasi Lanjutan setelah anak mendapatkan Imunisasi Dasar saat bayi bertujuan untuk meningkatkan kekebalan penyakit campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks.

Sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas 1 , 2, 5 dan 6. Anak kelas 1 akan mendapatkan imunisasi MR dan DT, anak kelas 2 dan 5 akan mendapatkan imunisasi Td, sedangkan anak Perempuan kelas 5 dan 6 akan mendapatkan imunisasi HPV.

Pelaksaan Imunisasi BIAS Serentak dilakukan pada priode bulan Agustus hingga November 2024.

Pada pelaksanaan imunisasi BIAS, Puskesmas Purwokerto Selatan juga melaksanakan kegiatan Penjaringan Kesehatan yang merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan (skrining) yang dilakukan pada seluruh peserta didik baru yaitu kelas 1 (satu) SD/MI, 7 (tujuh) SMP/MTs dan 10 (sepuluh) SMA/SMK/MA. (fbn)

 

 

 

 

 

 doc. (DP)

 

Related Posts

Komentar