Cegah DBD? Yuk PSN!

Cegah DBD? Yuk PSN!

PURWOKERTO SELATAN - Jumat (22/3) Dalam rangka upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Banyumas, Puskesmas Purwokerto Selatan menggelar kegiatan PSN Serentak bersama dengan Lintas Sektoral.

Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Banyumas Nomor : 406.7.9.2/1348 Tahun 2024 Tentang Kewaspadaan Terhadap Peningkatan Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupeten Banyumas. Diketahui bahwa jumlah kasus DBD sampai dengan minggu ke-10 Tahun 2024 sebanyak 205 kasus dan 2 kasus kematian, Maka dengan ini seluruh masyarakat Kabupaten Banyumas dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Serentak pada Hari Jumat, Tanggal 22 Maret 2024.

DBD yang disebabkan oleh virus yang menyerang seseorang melalui perantara nyamuk Aedes Aygypti dan Aedes Albapictus dapat diberantas dengan melakukan PSN atau kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Kegiatan yang dimulai pagi hari pada pukul 07.00 WIB diikuti seluruh karyawan puskesmas yang bekerjasama dengan lintas sektoral dengan melakukan kegiatan 3M yaitu:

  1. Menguras dan membersihkan tempat penampungan air secara rutin
  2. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air
  3. Memanfaatkan dan mendaur ulang barang bekas

Upaya menghindari gigitan nyamuk juga dapat dimulai dari diri sendiri seperti menggunakan lotion, kelambu, menanam tanaman pengusir nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, larvasidasi di tempat yang sulit dikuras dan tidak menggantung pakaian bekas dipakai.

Kegiatan PSN yang melibatkan kader kesehatan dan kepolisian ini dilaksanakan di masing-masing wilayah kerja dengan melakukan penyinaran pada genangan air, bak mandi, saluran air, dan semua wadah atau tempat penampung air. 

Ayo, Bersama Cegah DBD dengan PSN! ANGKAT SENTERMU, MARI PSN BERSAMAKU! (fbn)

   

  

 

 

Related Posts

Komentar